Cina Perkenalkan Sebuah Bus 'Melayang' Yang Dapat Mengurai Kemacetan

Negara Cina saat ini sudah mempunyai solusi yang sangat menarik untuk mengurai kemacetan yang kerap terjadi di kota-kota besar seperti di Kota Jakarta. Mereka telah memperkenalkan sebuah bus yang bakal memaksimalkan penggunaan jalan raya yakni bus "melayang".


Tak hanya mempunyai kapasitas yang besar, namun bus "melayang" ini memungkinkan mobil untuk melewati dikolongnya. Dengan kemampuannya tersebut, bus ini layak untuk bisa disebut sebagai solusi kemacetan akibat terlalu padatnya kendaraan. Terlebihnya bus ini mempunyai kapasitas 300 penumpang. Jadi, akan sangat membanti ketika dijadikan sarana transportasi di kota-kota besar.

Untuk kabin penumpang bisa dibilang hampir mirip dengan kabin komuter, karena kabin penumpang dalam bus ini memiliki panjang mencapai 22 meter dengann lebar 7,8 meter serta tinggi 4,8 meter. Penumpang bisa duduk di bagian kanan kiri atau bisa menempati duduk dibagian tengah.


Meski bus ini memiliki ukuran yang besar, bus ini tidak terlalu memakan jalan raya. Kareba bagian kolong bus memilili ukuran yang sangat besar setinggi 2,1 meter dan memungkinkan kendaraan kecil seperti mobil atau sepeda motor lewat dibawahnya.

Namun bus ini masih belum bisa diluncurkan ke jalanan umum. Pihak Cina masih melakukan pengujian prototype TEB-1. Menurut laporan dari tebtech, tidak ada permasalahan yang terjadi. Baik itu terkait sistem rem ataupun konsumsi power. Dan kalau proses pengujian selesai, tak menutup kemungkinan bus ini pun bakal bisa digunakan di kota-kota besar yang rawan macet.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »